Belajar Ilmu Ikhlas

       Terkadang menjadi aku itu tidaklah mudah. Kau harus terus belajar bagaimana caranya menerima kenyataan saat kau sedang merasa diabaikan oleh orang yang kau cinta. Mencoba mengerti dalam diam, memahami rasa sakit terdalam,  bahwa 'ada' mu terkadang diacuhkan. Dan kepergianmu mengundang opini bahwa kamulah yang sudah tidak mau perduli lagi oleh keadaan. 
        Ada yang bilang padaku "Ilmu yang lebih tinggi dari cinta yaitu ikhlas". Namun ikhlas bukanlah ikhlas bila sering kita ucap. Aku pernah merasa ikhlas saat aku merelakan waktuku hanya untuk memprioritaskan kalian. Mencoba menjadi notifikasi pertama saat berita tentang diriku sampai di telinga kalian sebelum akun gosip terkenal itu membeberkannya. Dan keikhlasanku menjadi lebih ikhlas, saat aku sadar aku bukanlah prioritas kalian. 
        Hari ini aku akan belajar ilmu tentang ikhlas lebih dalam lagi. Bukan untuk kalian, melainkan untuk ketenanganku sendiri. Aku akan belajar ikhlas yang diselimuti oleh pasrah, mengikuti alur Allah yang entah akan membawaku kemana dan ke siapa. 

Jakarta, 20 September 2018.

Komentar

Postingan Populer